Minggu, 21 Oktober 2012

Polarisasi


Apa polarisasi itu? Ada yang udah tau? Yang belum sini-sini aku kasih tau sesuai dengan apa yang aku dapet dari beberapa sumber yang udah aku kumpulin selama beberapa hari ini. Kita langsung mulai aja ya dengan pengertian polarisasi.
Polarisasi merupakan suatu keputusan yang diambil menuju arah yang ekstrim biasanya ini terjadi karena adanya pergeseran keputusan. Kebanyakan keputusan yang diambil kelompok lebih ekstrim dibandingkan individu. Ini terjadi karena adanya perbandingan tingkat social, karena tidak semua orang sama dalam tingkat sosialnya. Menurut Ebbesen dan Bowers polarisasi  disebabkan “pada proporsi argumentasi yang menyokong sikap atau tindakan tertentu, bila proporsi terbesar mendukung sikap konservatif, keputusan kelompok pun akan lebih konservatif dan begitu sebaliknya”.
Contoh kasusnya bila dalam suatu rapat pada awalnya suatu kelompok menyetujui keputusan sampe akhir rapat  mereka akan menyetujui bahkan bisa lebih setuju, tapi kalau dalam sebuah rapat suatu kelompok tidak menyetujui keputusan mereka akan tidak menyetujui sampe akhir rapat bahkan akan lebih menentang keputusan tersebut.



Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar