Minggu, 14 Oktober 2012

Kecanduan Internet (Internet Addiction)


Kecanduan Internet adalah suatu penyakit yang sudah tidak asing lagi pada saat ini. Teknologi yang semakin berkembang seperti internet yang mempunyai banyak aplikasi, games, dan bahan-bahan yang dibutuhkan pengguna membuat orang kecanduan orang bisa lupa makan, tidur dan aktifitas yang biasanya dilakukannya.
Menurut seorang ahli jiwa bernama Ivan Goldberg Kecanduan internet ada tiga jenis, yaitu :
·         Bermain game yang berlebihan
·         Kegemaran seksual
·         Email/ pesan teks
Kecanduan Internet biasanya menyerang anak-anak dan remaja terutama kaum laki-laki, karena anak-anak dan remaja sangat mudah untuk terpengaruh oleh media masa. Penderita yang terkena kecanduan internet mereka akan merasa kurang percaya diri, depresi, cemas, dll bahkan bisa sampai bunuh diri. Kecanduan internet juga bisa merubah otak seperti yang terjadi pada pecandu alcohol dan obat-obatan.
Kimberley Young menyebutkan beberapa gejala utama kecanduan berinternet :
1.  Pikiran pecandu internet terus-menerus tertuju pada aktivitas berinternet dan sulit untuk dibelokkan ke arah lain.
2.  Adanya kecenderungan penggunaan waktu berinternet yang terus bertambah demi meraih tingkat kepuasan yang sama dengan yang pernah dirasakan sebelumnya.
3. Yang bersangkutan secara berulang gagal untuk mengontrol atau menghentikan penggunaan internet.
Adanya perasaan tidak nyaman, murung, atau cepat tersinggung ketika yang bersangkutan berusaha menghentikan penggunaan internet.
4.   Adanya kecenderungan untuk tetap on-line melebihi dari waktu yang ditargetkan.
5.  Penggunaan internet itu telah membawa risiko hilangnya relasi yang berarti, pekerjaan, kesempatan studi, dan karier.
6. Penggunaan internet menyebabkan pengguna membohongi keluarga, terapis dan orang lain untuk menyembunyikan keterlibatannya yang berlebihan dengan internet.
7.     Internet digunakan untuk melarikan diri dari masalah atau untuk meredakan perasaan-perasaan negatif seperti rasa bersalah, kecemasan, depresi, dan sebagainya.

Sumber :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar