Senin, 06 Oktober 2014

Pengantar Sistem Informasi Psikologi


Setiap manusia pastinya memerlukan informasi baik itu langsung dari sumbernya atau dari media massa, karena dengan informasi kita dapat mengetahui apa yang tidak kita ketahui atau menambah pengetahuan kita dari sebelumnya. Dalam tugas ini saya akan menulis tentang pengertian Informasi dan pengertian sistem informasi psikologi, pertama saya akan menjabarkan beberapa pengertian informasi.

PENGERTIAN INFORMASI

A.    Pengertian Informasi
Informasi atau dalam bahasa inggrisnya ialah Information ini berasal dari kata informacion bahasa perancis, kata tersebut diambil dari bahasa latin yaitu "Informationem" yang artinya itu ialah "konsep, ide, garis besar".   Informasi adalah sesuatu data yang sudah diolah atau diproses sehingga menjadi suatu bentuk  yang memiliki arti bagi penerima informasi yang memiliki nilai yang bermanfaat.
Contohnya saat menerima informasi baru, misalnya, saat anda bertanya kepada sahabat anda mengenai apa saja kah hal yang paling disukainya, dan sahabat andapun menjawab hal yang paling disukainya adalah diberi makanan berupa coklat dan es krim. Dari jawaban sahabat anda tadi mengenai hal yang paling disukainya berupa “coklat” dan “es krim” adalah informasi baru bagi kamu. Sehingga dari jawaban sahabat anda, anda menjadi tahu bahwa hal yang paling disukainya adalah coklat dan es krim.
Pengertian lainnya datang dari beberapa ahli. Berikut ini pengertian informasi yang di kemukakan oleh para ahli :
1.      Raymond Mc.leod
Ia mengungkapkan bahwa informasi adalah "data yang sudah diolah menjadi bentuk yang memiliki arti bagi penerima dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat ini atau mendatang".
2.      Tata Sutabri, S.Kom
Ia menyatakan bahwa informasi adalah data yang telah diklasifikasikan atau diolah atau diinterpretasikan untuk digunakan dalam proses pengambilan keputusan.
3.      Anton M. Meliono
Menurut Anton “Informasi adalah data yang sudah diproses untuk tujuan tertentu. Tujuan tersebut adalah untuk menghasilkan sebuah keputusan”
4.      Gordon B. Davis
Gordon menyatakkan “Informasi adalah data yang telah diproses menjadi suatu bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat ini atau mendatang”
5.      Lani Sidharta
Ia menyatakan “Informasi adalah data yang disajikan dalam bentuk yang bisa berguna untuk membuat keputusan”
6.      Jogiyanto HM.
Menurutnya “Informasi adalah sebagai hasil dari pengolahan data dalam suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian yang nyata yang digunakan untuk pengambilan keputusan”
7.      George H. Bodnar
Menurut George “Informasi adalah data yang diolah sehingga dapat dijadikan dasar untuk mengambil keputusan yang tepat”
8.      Husein dan Wibowo (2002)
Menurut Husein dan Wibowo “Informasi adalah data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang mempunyai arti dan bermanfaat bagi manusia”
9.      Sabarguna (2003)
Sabarguna mengatakan “Informasi adalah data yang telah diolah  dan dianalisa secara formal, dengan cara yang benar dan secara efektif, sehingga hasilnya bisa bermanfaat dalam operasional dana manajemen”
10.   Davis (2002)
Informasi menurut Davis “data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam mengambil keputusan saat ini atau di masa mendatang”

Informasi adalah data-data yang telah diolah sehingga dapat berguna bagi siapa saja yang membutuhkan. Informasi dapat direkam atau dikirim. Para ahli memiliki banyak arti lain tentang informasi. Informasi bisa dikatakan sebagai pengetahuan yang didapatkan dari belajar, pengalaman atau instruksi. Namun, istilah ini memiliki banyak arti tergantung pada konteksnya.
Dalam beberapa pengetahuan tentang peristiwa tertentu yang telah dikumpulkan atau dari berita dapat juga dikatakan sebagai informasi. Dalam ilmu komputer, informasi adalah data yang disimpan, diproses atau ditransmisikan. Para ahli meneliti konsep informasi sebagai pengetahuan yang didapatkan dari pembelajaran, pengalaman atau instruksi.
Pengertian atau Definisi Informasi lainnya adalah data yang telah diberi makna. Sebagai contoh, dokumen berbentuk spreadsheet (Ms.Excel) sering digunakan untuk membuat informasi dari data yang ada didalamnya. Laporan laba rugi dan neraca merupakan salah satu bentuk informasi, sedangkan angka yang terdapat didalamnya adalah data yang telah diproses sehingga menjadi berguna bagi siapa saja yang menggunakannnya.
Pengertian Informasi secara singkatnya adalah segala macam keterangan yang dapat diambil oleh seseorang dengan sumber yang jelas sehingga dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi si penerima informasi tersebut. Sedangkan menurut istilah, pengertian informasi adalah kumpulan data yang sudah melalui proses pengolahan sehingga dapat menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi seseorang yang kemudian digunakan untuk pengambilan suatu keputusan atau tindakan.
Dari pernyataan diatas mengenai pengertian atau definisi informasi diatas, dapat disimpulkan bahwa informasi adalah Suatu data atau objek yang diproses terlebih dahulu sedemikian rupa sehingga dapat tersusun dan terklasifikasi dengan baik, sehingga memiliki arti bagi penerimanya yang selanjutnya menjadi pengetahuan bagi penerima tentang suatu hal tertentu yang membantu pengambilan keputusan secara tepat

B.     Jenis-jenis informasi
·         Berdasar penyampaian:
1.      Informasi yang disediakan secara berkala
2.      Informasi yang disediakan secara tiba-tiba
3.      Informasi yang disediakan setiap saat
4.      Informasi yang dikecualikan
5.      Informasi yang diperoleh berdasarkan permintaan

·         Berdasar kegunaan:
1.      Informasi yang menambah pengetahuan, misalnya: peristiwa-peristiwa, pendidikan, kegiatan selebritis.
2.      Informasi yang mengajari pembaca (informasi edukatif), misalnya makalah yang berisi tentang cara berternak itik, artikel tentang cara membina persahabatan, dan lain-lain. 
3.      Informasi berdasarkan format penyajian, yaitu informasi yang dibedakan berdasarkan bentuk penyajian informasinya. Misalnya: informasi dalam bentuk tulisan (berita, artikel, esai, resensi, kolom, tajuk rencana, dll)

C.    Kriteria Informasi
·         Akurat
·         Relevan
·         Tepat waktu
·         Ekonomis
·         Efisien
·         Dapat dipercaya

D.    Ciri-ciri sebuah informasi
·         Terbaru,
·         Tepat waktu,
·         Relevan,
·         Konsisten.

Selain ciri-ciri diatas Informasi mempunyai ciri-ciri sebagai berikut (Sabarguna, 2003) :
·         Data yang telah diolah
·         Bentuknya lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerima
·         Menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan nyata
·         Digunakan untuk mengambil keputusan

Sedangkan menurut Gordon B. Davis (2002), informasi, dalam lingkup sistem informasi, memiliki beberapa ciri:
·         Benar atau salah. Ini dapat berhubungan dengan realitas atau tidak. Bila penerima informasi yang salah mempercayainya, akibatnya sama seperti yang benar.
·         Baru. Informasi dapat sama sekali baru dan segar bagi penerimanya.
·         Tambahan. Informasi dapat memperbaharui atau memberikan tambahan baru pada informasi yang telah ada.
·         Korektif. Informasi dapat menjadi suatu koreksi atas informasi salah tau palsu sebelumya.
·         Penegas. Informasi dapat mempertegas informasi yang telah ada. Ini masih berguna karena meningkatkan persepsi penerimanya atas kebenaran informasi tersebut

E.     Fungsi Informasi
Informasi memiliki beberapa macam fungsi, diantaranya:
·         Meningkatkan pengetahuan atau kemampuan pengguna,
·         Mengurangi ketidakpastian dalam proses pengambilan keputusan,
·         Menggambarkan keadaan sesuatu hal atau peristiwa yang terjadi.


PENGERTIAN SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI

Sistem informasi psikologi adalah suatu sistem yang menyediakan informasi-informasi yang berkaitan dengan ilmu psikologi yang dapat dijadikan untuk meningkatkan penguna dalam pengambilan suatu keputusan terhadap penelitian, perencana, dan pengelolaan. Contoh dari sistem informasi psikologi yang berbasis komputer adalah situs theinkblot.com. Pada situs ini, terdapat penyajian tes Rorschach online. Psikologi sendiri berbicara tentang manusia. jika digabungkan, sistem informasi psikologi mencangkup : Hardware, Software, People, Procedurs , Data dan manusia. Hardware dan software sebagai mesin sedangkan prosedur dan manusia sebagai pelaku, Dan data berfungsi sebagai jembatan dari keduanya. Sistem informasi bisa dimanfaatkan oleh pelaku psikologi untuk membantu mereka saat penghitungan skor dalam beberapa tes psikologi.
Menurut Kusrini & Andri kaniyo (2007) sistem informasi adalah sebuah sistem yang terdiri atas rangkaian subsistem informasi terhadap pengolahan data untuk menghasilkan informasi berguna dalam pengambilan keputusan.
Menurut Irene Joos, dkk (2009) sistem informasi adalah suatu sistem yang memiliki tujuan sendiri untuk menghasilkan informasi dengan menggunakan sistem input/ proses/ output.
Menurut Chr. Jimmy L. Gaol (2008) sistem informasi psikologi bertujuan mendapatkan pemahaman bagaimana manusia pembuat keputusan merasa dan menggunakan informasi formal.
Menurut Gordon B. Davis sistem informasi adalah suatu sistem yang menerima masukan data dan intruksi, mengolah data tersebut sesuai dengan intruksi dan mengeluarkannya.
Menurut Tafri sistem informasi adalah data yang dikumpulkan, dikelompokkan dan diolah sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah satu kesatuan infromasi yang terkait dan saling mendukung sehingga menjadi suatu informasi yang berharga bagi yang menerimanya.
Berdasarkan pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa sistem informasi psikologi adalah sebuah sistem yang terdiri dari rangkaian subsistem yang menghasilkan informasi dan bertujuan mendapatkan pemahaman bagaimana manusia pembuat keputusan merasa dan menggunakan informasi formal.


Referensi :
-          Davis, Gordon B. 2002. Kerangka Dasar Sistem Informai Manajemen Bagian I Pengantar (Cetakan kedua belas)
-          Gaol, C.J.L (2008). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Grasindo. (Google Book)
-          Husein, M.F. dan Wibowo, A. 2002. Sistem Informasi Manajemen (Edisi Revisi). Jogjakarta: Unit Penerbit dan Percetakan AMP YKPN
-          Sabarguna, Boy S. 2003. Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit. Jogjakarta: KONSORSIUM Rumah Sakit Islam Jaten-DIY
-          Sarwono, W. S. (2010). Pengantar psikologi umum. Jakarta: Rajawali Pers

Tidak ada komentar:

Posting Komentar