Senin, 20 Oktober 2014

Arsitektur Komputer & Struktur Kognitif Manusia


Pengertian Arsitektur Komputer
William Stalling mengatakan arsitektur komputer berkaitan dengan atribut-atribut yang mempunyai dampak langsung pada eksekusi logis sebuah program.        
Dalam bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana Blue-Print dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya).
Jadi dapat disimpulkan bahwa arsitektur komputer adalah suatu konsep dan struktur yang merupakan rencana dari blue-print dan deskripsi fungsional dengan atribut-atribut yang mempunyai dampak langsung dalam sebuah program

Sturktur Kognisi Manusia
Kognisi manusia ditinjau dari sudut pandang perkembangan, adalah hasil dari rangkaian tahap-tahap perkembangan yang dimulai sejak tahun-tahun awal permulaan pertumbuhan pada tahap awal. Persepsi, memori, bahasa dan proses berfikir dikendalikan oleh struktur genetik dasar yang  kita warisi dan perubahan yang kita alami sebagai tanggapan terhadap permintaan lingkungan yang muncul dalam berbagai interaksi fisik dan sosial.
Struktur kognisi manusia merupakan bagian atau komponen yang terstruktur dalam otak manusia yang memberi pengetahuan berdasarkan sistem, skema, adaptasi, asimilasi dan akomodasi yang membentuk suatu kematangan dan pengalaman otak dalam menjalankan kehidupan sosial bagi seorang manusia. Mempunyai struktur yang sangat kompleks.
Struktur kognisi manusia adalah suatu unsur yang saling berhubungan antara satu sama yang lain yang saling berakomodir atau saling melengkapi antara fungsi-fungsi, skema. Seperti bagian otak yang mengakomodir unsur atau organ bagian-bagian tubuh manusia yang menjadikan suatu sistem yang kompleks.
Jadi struktur kognisi manusia adalah suatu sistem yang sangat kompleks terstruktur didalam otak manusia yang saling melengkapi satu sama lainnya menurut fungsinya.
Dalam hal ini dapat dilihat bahwa arsitektur komputer dengan struktur kognisi manusia terdapat kesamaan yaitu sama-sama mempunyai suatu sistem yang terstruktur dan saling melengkapi menurut fungsinya.



Referensi :
Solso, R, L., Maclin, O, H., Maclin, M, K. (2007). Psikologi kognitif: edisi kedelapan. Jakarta: Erlangga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar