Rabu, 30 Oktober 2013

Tulisan Psikologi Manajemen Periode Dua

1.      Pengalaman tentang Actuating
Pada saat saya sekolah di Sekolah Menengah Atas (SMA) saya mengikuti beberapa ekskul salah satunya saya mengikuti ekskul Paskibra. Disana saya diajarkan dan diarahkan kepada hal-hal yang positif seperti hidup yang lebih disiplin dari sebelumnya. Sebelum saya naik kelas 2 SMA saya diberi arahan oleh kakak kelas atau nama lainnya diPaskibra adalah senior, senior-senior saya memberikan arah agar saya dan teman-teman saya nanti bisa menjadi senior yang disegani bukan ditakuti, didengarkan kata-katanya atau perintahnya, menjadi senior yang bijaksana, dan mengarahkan adik kelas atau juniornya kearah yang sudah ada dalam ketentuan diPaskibra itu sendiri.
Setelah saya menjadi senior saya merasa sudah lumayan siap untuk menghadapi junior saya setidaknya saya sudah tahu apa yang harus dilakukan oleh seorang senior kepada juniornya. Hari pertama saya bertemu saya sedikit canggung tapi untungnya saya dibantu juga oleh teman-teman senior yang lainnya, disana kami mulai membagi tugas kami masing-masing sampai hari-hari selanjutnya.
Meskipun saya sudah menjadi alumni, saya masih berkewajiban untuk mengarahkan adik-adik junior saya supaya mereka tidak melewati ketentuan yang ada. Suatu hari saya diundang oleh adik-adik saya untuk mengikuti suatu event yang diadakan oleh mereka disitu saya disuruh menjadi penanggung jawab dari acara itu, sebelum acara dimulai saya memberikan arahan saat apel kepada peserta yang ada dan membacakan apa saja yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukann saat acara berlangsung dengan jelas. Setelah acara selesai dengan sesuai susunan saya menutup acara hari itu.  

2.      Pengalam tentang Controlling
Saat itu H-7 menuju ulang tahun adik saya Vera. Saya merencanakan sebuah pesta ulang tahun yang dia inginkan, saya mencari informasi kepada teman-temannya apa yang dia inginkan dan mengumpulkan informasi-informasi yang saya dapatkan dari teman-temannya dan saya sendiri. Saya memesan kue ulang tahun, melihat-lihat barang yang cocok untuk dijadikan kado untuk adik saya, dan mencari-cari barang dan peralatan yang sekiranya dibutuhkan dalam acara ulangtahun itu.
Setelah semua barang dan peralatan terkumpul saya meminta bantuan kepada keluarga dan teman-teman saya dan teman adik saya. Saya memberikan tugas kepada masing-masing orang untuk dikerjakan, yang tidak mungkin saya kerjakan karena saya sedang menjalankan Ujian Tengah Semester pada saat itu. Saya menelpon dan mengirim pesan kepada orang-orang yang saya beri tugas menanyakan apakah rencana yang sudah saya atur berjalan sesuai rencana atau tidak.

Setelah mendekati hari H saya menanyakan lagi apakah masih ada barang atau peralatan yang masih kurang, kalau memang sudah lengkap semua saya rasa rencana saya  bisa berhasil. Sebelum pulang kerumah saya berdoa semoga rencana yang sudah saya rancang bisa berjalan sesuai dengan apa yang saya harapkan sebelumnya.

1 komentar: