Minggu, 04 November 2012

CSCW


Pada tahun 1987 CSCW Pertama kali dikenalkan oleh Irene Greif dan Paul M. Cashman. CSCW atau Computer-supported cooperative work adalah suatu aplikasi grup yang bagaimana ia merancang suatu system yang nantinya akan dipakai untuk membantu kerja suatu grup tertentu dan mengerti dampak dari suatu teknologi.CSCW juga dikenal dengan istilah groupware.
          Salah satu contoh CSCW adalah E-mail, kalian pasti udah tau kan E-mail itu apa? Iya E-mail adalah surat elektronik atau surat yang tidak menggunakan kertas tapi menggunakan jasa internet dan E-mail tidak harus dikirim lewat pos tapi lewat internet.
          CSCW lebih banyak bekerja pada hubungan antar manusia, yaitu :
1.     Face to face
Face to face adalah suatu komunikasi yang melibatkan minimal 2 orang dalam suatu percakapan dengan langsung bertatap muka.
2.     Convertation
Convertation adalah suatu komunikasi yang mengharuskan orang untuk memahami apa yang dibicarakan oleh lawan bicara dalam setiap percakapan.
3.     Text based
Text based adalah suatu komunikasi yang menggunakan teks dalam setiap pembicaraannya, komunikasi jenis ini bisa dilakukan dengan jarak jauh.
4.     Group working
Group working adalah suatu komunikasi yang dilakukan secara berkelompok dalam suatu pekerjaan.
Ada beberapa jenis dalam berkomunikasi tekstual dalam groupware, yaitu diantaranya ada Discrete, Linear, non-linear, spatial


Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar